Manfaat Kopi Hitam Untuk Kulit


Manfaat kopi hitam untuk kulit - Anda mungkin mengandalkan secangkir kopi pagi untuk meningkatkan energi dan metabolisme Anda setiap hari. Meskipun kopi paling banyak digunakan sebagai minuman, kopi juga mendapatkan reputasi sebagai obat alternatif untuk kulit.

Ini berkat antioksidan, yang termasuk fenol yang membantu melawan radikal bebas yang dapat menyebabkan kerusakan kulit. Bahkan, American Chemical Society telah menemukan bahwa kopi adalah sumber antioksidan paling populer di Amerika Serikat - bahkan lebih dari minuman kaya antioksidan lainnya, seperti teh dan anggur.

Sementara secangkir kopi dapat memberikan antioksidan secara internal, manfaat kulit yang diakui dari kopi, terutama diperoleh secara topikal. Hal ini melibatkan membuat masker, scrub, atau pasta dari bubuk kopi segar dan menerapkannya langsung ke kulit Anda.

Pelajari lebih lanjut tentang bagaimana kopi dapat secara langsung bermanfaat bagi kulit Anda, dan apakah biji kopi ini benar-benar sesuai dengan manfaatnya untuk kesehatan kulit.


Bagaimana kopi hitam dapat bermanfaat bagi kulit Anda


Di bawah ini adalah beberapa manfaat nyata yang mungkin dimiliki kopi untuk kulit Anda, serta resep yang disarankan untuk menggunakannya.

Sumber Antioksidan
Kopi kaya polifenol, sekelompok antioksidan juga ditemukan dalam makanan seperti beri, teh, coklat, dan anggur. Selain memberi makanan ini warna-warna cerah dan mendalam, zat-zat ini bekerja untuk melawan radikal bebas dan memperlambat proses penuaan karena kerusakan DNA. Sebagai bonus, mereka juga telah ditunjukkan untuk membantu melindungi terhadap radiasi ultraviolet dan memperlambat penuaan kulit yang disebabkan oleh paparan sinar matahari yang berat.

Kopi dapat membantu melawan radikal bebas dan memperlambat proses penuaan karena kerusakan DNA. Menariknya, studi mulai dari Amerika hingga Polandia, Spanyol, Perancis dan Jepang melaporkan bahwa kopi adalah sumber terbesar antioksidan diet dalam makanan.

Jadi nikmatilah secangkir kopi pada pagi hari, sehingga tidak mengganggu tidur Anda dan jangan lupa untuk mengoleskan beberapa butiran kopi yang mengandung antioksidan dalam bentuk masker kopi.

Pengurangan selulit
Kopi dapat membantu mengurangi munculnya selulit pada kulit. Diperkirakan bahwa kandungan kafein dalam kopi adalah kunci untuk pengurangan selulit dengan melebarkan pembuluh darah di bawah kulit dan meningkatkan aliran darah secara keseluruhan.

Pada gilirannya, ini dapat membantu mengurangi munculnya selulit. Metode perawatan kulit ini dianggap paling baik digunakan melalui scrub kopi karena pengelupasan juga dapat menghaluskan kulit Anda dan memberikan penampilan yang merata.

Memberi efek menenangkan 
Meskipun kopi terkenal karena efek stimulasinya di dalam tubuh, kopi dapat memberikan efek sebaliknya ketika dioleskan secara topikal. Ini berkat antioksidan dalam kopi.

Sebagai herbal anti-penuaan
Menerapkan kopi langsung ke kulit Anda dapat membantu mengurangi munculnya bintik-bintik matahari, kemerahan, dan garis-garis halus. Bahkan, satu studi menemukan korelasi langsung antara minum kopi dan penurunan efek fotoaging.

Mengandung Vitamin B-3 untuk kanker kulit
Kopi adalah sumber yang kaya vitamin B3 (niacin), berkat pemecahan senyawa kunci yang disebut trigonelline. Namun, trigonelline terurai menjadi niacin setelah biji kopi dipanggang. Menurut Yayasan Kanker Kulit, niacin dapat membantu mencegah kanker kulit nonmelanoma dan dapat mencegah pertumbuhan kulit lainnya.

Menurunkan Risiko Melanoma
Kebanyakan orang menyebut kopi sebagai 'hadiah dari surga' saat mereka menghirup secangkir kopi yang baru diseduh setiap pagi, membantu mereka mendapat energi dan mendapatkan tubuh dan pikiran yang diremajakan untuk hari kerja yang penuh semangat.

Manfaat kopi hitam untuk kulit bisa diperoleh dari kualitas kopi hitam yang paling menonjol sehingga mampu melawan kanker kulit. Melanoma atau Non-Basal Carcinoma adalah bentuk kanker kulit yang paling menyakitkan, yang timbul karena mutasi genetik yang disebabkan di dalam tubuh.

Radiasi ultraviolet yang kuat, memicu lonjakan pertumbuhan tumor maligna di bawah kulit yang cepat berkembang biak dan menyebabkan pertumbuhan sel yang tidak seimbang. Melanoma biasanya muncul sebagai tahi lalat di awal dan perlahan tumbuh untuk menginfeksi seluruh area. Kopi hitam membantu melestarikan sintesis DNA Anda dan menghambat peradangan dalam sel-sel kulit untuk menurunkan risiko penyakit karsinogenik ini.

Mengurangi peradangan
Efek anti-inflamasi dapat dikaitkan dengan asam klorogenik (CGA) serta melanoidin dalam kopi. CGA juga dikaitkan dengan mengurangi hiperpigmentasi yang mungkin memiliki hubungan dengan peradangan.

Kopi telah dipelajari secara luas karena sifat anti-peradangannya. Kandungan kafeinnya, ditambah dengan zat antioksidan kuat seperti polifenol dan asam hidrokinamik, mungkin bertanggung jawab untuk efek ini.

Ini adalah berita bagus bagi mereka yang menderita jerawat, karena antioksidan dalam kopi dapat membantu meredakan jerawat yang merah dan meradang.

Mengobati Jerawat
Dalam kasus luka atau sering terena infeksi kulit, penggunaan kopi secara teratur dapat membantu mengatasi masalah dari bakteri berbahaya. CGA dalam kopi memiliki sifat anti-inflamasi dan antibakteri. Dikombinasikan dengan pengelupasan kulit, semua manfaat ini dapat secara kolektif melawan jerawat.

Menghilangkan lingkaran hitam
Kopi juga dapat membantu mengobati lingkaran gelap yang membandel di bawah mata, menurut Beverly Hills MD Cosmeceuticals. Ini karena kandungan kafein dalam kopi diduga membantu melebarkan pembuluh darah yang berkontribusi pada lingkaran gelap.

Cara menggunakan kopi dalam mengobati lingkaran gelap :
- Campurkan ½ sdt masing-masing bubuk kopi dan minyak zaitun.
- Tambahkan beberapa tetes air untuk membuat pasta kecil di tangan Anda.
- Tepuk lembut di bawah mata Anda tanpa menggosok.
- Biarkan campuran itu selama lima hingga sepuluh menit.
- Bilas dengan air atau bersihkan masker dengan kain lembut.
- Ulangi sesering yang diperlukan.

Perawatan setelah terkena matahari
Manfaat anti-penuaan yang sama dari kopi juga dapat digunakan untuk perawatan pasca terkena sinar matahari. Kuncinya di sini adalah membuat perawatan yang menenangkan kulit Anda yang terbakar matahari.

Untuk membuat bahan perawatan kulit berbasis kopi akibat sengatan matahari:
- Seduh secangkir kopi segar. Kemudian, encerkan dengan air dingin.
- Tempatkan kain lembut atau handuk di dalam air dan peras kelebihannya.
- Dengan lembut oleskan kain pada bagian kulit yang terkena.
- Ulangi beberapa kali sehari hingga kemerahan dan bengkak mulai mereda.

Mencegah Kerusakan UV
Dengan terjadinya pemanasan global, penipisan lapisan ozon menyebabkan radiasi ultraviolet yang berbahaya dari Matahari untuk melewati tanpa filter. Mengingat sifat penetrasi yang kuat, sinar tersebut telah diketahui menyebabkan mutasi genetik dalam tubuh manusia yang menyebabkan perkembangan tumor ganas.

Manfaat kopi hitam pada kulit ini dapat mencegah kerusakan DNA seperti itu dengan menghambat induksi karsinogenesis oleh radiasi UV dengan menghindari peradangan di lapisan epidermis kulit Anda. Ini menghambat segala bentuk alterasi DNA yang ditawarkan karena efek berbahaya dari UVB.

Mengeliminasi Minyak pada Wajah
Kulit berminyak cukup membuat frustrasi karena itu mungkin sesuatu yang tidak dapat Anda kendalikan. Penelitian menunjukkan bahwa kulit berminyak terjadi terutama karena alasan genetik. Namun, ada banyak faktor eksternal yang dapat mengganggu Anda dengan kulit berminyak itu.

Sebagian besar ahli percaya bahwa polusi dan radikal bebas lingkungan bertanggung jawab secara besar-besaran terhadap kulit berminyak. Kopi hitam dengan kandungan kafeinnya yang kaya membantu mengecilkan pori-pori wajah dan menghambat efek buruk dari racun ini. Ini, pada gilirannya, mengurangi kemungkinan pembentukan minyak pada kulit Anda.

Mengeksfoliasi kulit
Karena sifatnya yang agak kasar, kopi, terutama kopi yang digiling halus, menjadi eksfoliator yang sangat baik. Butiran ini membantu mengelupas sel-sel kulit mati dan, meskipun penelitian terbatas, telah dikatakan bahwa ini membantu merangsang drainase limfa dan meningkatkan aliran darah. Kedua hal ini bermanfaat ketika berkeinginan agar kulit bercahaya serta untuk menghilangkan racun.

Mencerahkan Kulit
Antioksidan dalam kopi yang kami sebutkan sebelumnya juga dapat menghidupkan kembali kulit yang kusam dan lelah dengan mengantarkan nutrisi yang dibutuhkan ke dalam pori-pori. Di samping kemampuannya untuk meningkatkan sirkulasi (berkat kandungan kafeinnya), kopi dapat dengan cepat mencerahkan kompleksi Anda ketika digunakan dalam masker atau scrub .

Mengurangi bengkak
Pernahkah Anda mengalami hari di mana wajah Anda tampak sedikit lebih panas dari biasanya, atau mungkin di mana Anda terbangun dengan mata yang sedikit bengkak? Untungnya, tidak hanya secangkir kopi yang diseduh meningkatkan semangat Anda, tetapi juga dapat membantu mengurangi bengkak ketika kopi dioleskan.

Wajah bengkak atau mata bengkak? Masker kopi dapat memperbaikinya. Ini karena kafein dan berbagai senyawa seperti methylxanthine dalam kopi memiliki efek diuretik, yang dapat membantu mengurangi edema, atau jaringan yang membengkak karena retensi cairan berlebih.

Sebagai Vasodilator
Minum kopi hitam bermanfaat bagi kulit dengan menghilangkan kemerahan atau rasa sakit di kulit Anda. Sebagai vasodilator, kopi membantu mencegah penyempitan pembuluh darah dan memastikan aliran darah ke seluruh bagian tubuh Anda. Dengan darah yang cukup, kulit Anda mengadopsi warna kulit yang merata dan menghilangkan kemerahan dan rasa sakit topikal.

Membuat Kulit Kepala Sehat
Berkat sifat vasodilatasi kopi, itu membuat sirkulasi darah efisien sehingga menjaga kulit kepala dan folikel rambut Anda sehat dan menstimulasi pertumbuhan rambut dengan menyediakan kulit kepala dengan aliran darah yang sehat.

Kopi juga mencegah lemak helai rambut dan melindungi kulit kepala dari kerapuhan. Ini pada gilirannya menghambat produksi ketombe dan membuat kulit Anda bebas dari bakteri.


Cara membuat masker kopi untuk wajah 


Ada banyak cara berbeda untuk membuat masker kopi di rumah. Cara terbaik adalah mencampur bubuk kopi dengan bahan noncomedogenic, bahan yang tidak akan menyumbat pori-pori Anda. Berikut ini salah satu resep untuk dicoba:
- Campurkan bagian-bagian yang sama dari minyak zaitun dan bubuk kopi.
- Terapkan ke wajah Anda dengan gerakan memutar.
- Biarkan masker di antara 15 dan 60 menit.
- Bilas dengan air hangat.
- Ulangi hingga tiga kali per minggu.

Kopi adalah produk multiguna yang berpotensi menawarkan berbagai manfaat perawatan kulit. Namun, ada baiknya untuk menindaklanjuti dengan dokter kulit Anda jika Anda tidak melihat hasil yang diinginkan setelah beberapa minggu perawatan.

Pastikan untuk memberikan perawatan kulit baru setidaknya beberapa minggu sebelum beralih ke perawatan lain, apakah itu berbasis kopi atau tidak.

Itulah yang bisa Saya sampaikan seputar manfaat kopi hitam untuk kulit. Semoga kulit Anda sehat selalu.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Takaran Membuat Kopi Susu - Tentang Kopi

Efek Samping Minum Kopi Hitam

Cara Meracik Kopi yang Benar