Manfaat Kopi Hitam Tanpa Gula untuk Diet


Memang benar bahwa kopi mungkin merupakan bagian penting dari gaya hidup kita dan juga ada banyak manfaat kopi hitam tanpa gula untuk diet. Diketahui di seluruh dunia bahwa kopi adalah minuman ke dua yang paling banyak dikonsumsi setelah air tawar.

Orang membuat secangkir kopi panas dengan creamer tepat setelah bangun tidur, ambil es latte untuk bekerja, atau minum secangkir espresso setelah makan. Nah, kopi sudah dicintai karena manfaatnya. Salah satu poin bermanfaat dari kopi adalah efeknya yang memberi energi.

Namun, tahukah Anda bahwa kopi, khususnya kopi hitam juga bisa membantu menurunkan berat badan? Anak perempuan mungkin menyukai manfaat kopi hitam ini untuk menurunkan berat badan, jadi baca terus.

Meningkatkan energi
Seperti disebutkan sebelumnya, kopi diakui karena kemampuannya untuk meningkatkan energi kita. Itu sebabnya kebanyakan orang mengonsumsi kopi saat bekerja. Kafein adalah zat dominan yang terkandung dalam secangkir kopi. Menurut penelitian, secangkir kopi mungkin mengandung sekitar 64 mg kafein, yang lebih tinggi dari kafein dalam teh hijau yang hanya 40 mg.

Kafein dalam kopi hitam bertindak sebagai energizer, karena akan mengaktifkan detak jantung dan sirkulasi darah, dan selanjutnya memberi energi kepada kita untuk melakukan banyak pekerjaan. Ini juga akan memberi kita energi ekstra untuk kinerja dan daya tahan kita selama olahraga. Kami tahu bahwa olahraga adalah pendamping yang sempurna untuk setiap jenis diet untuk menurunkan berat badan. Selain itu, disarankan untuk minum kopi hitam sebelumnya atau selama berolahraga.

Membakar lemak
Selain kafein, asam klorogenik dalam secangkir kopi hitam akan membantu proses pembakaran lemak. Zat tersebut akan mengaktifkan enzim dalam sistem pencernaan seperti lipase yang mampu memecah lemak. Dengan kata lain, lipase akan membantu proses membakar lemak, karena lemak perlu dipecah sebelum dibakar dengan sempurna. Proses normal bisa memakan waktu sekitar 20 menit untuk membakar lemak. Namun, kafein dan asam klorogenik dalam secangkir kopi hitam akan membuat prosesnya lebih cepat.

Meringankan pencernaan
Tahukah Anda mengapa dianjurkan untuk minum kopi hitam tepat setelah makan berat? Jawabannya adalah kemampuan kopi untuk memecah makanan menjadi bagian-bagian yang lebih kecil. Tentu, hal itu akan mempermudah proses pencernaan secara efisien. Sistem pencernaan yang efektif akan membakar lebih banyak lemak dan kalori yang akan menggantikan program diet Anda.

Menghilangkan limbah
Kafein dalam secangkir kopi juga diketahui memiliki efek diuretik. Karena itu, limbah yang terkandung di dalam ginjal akan dilepaskan. Hal ini juga dapat membantu untuk menghindari edema atau kelebihan cairan di tubuh Anda. Edema mungkin berbahaya bagi sistem metabolisme Anda. Oleh karena itu, kafein dalam kopi hitam akan memecahkan masalah edema sekaligus membantu diet penurunan berat badan Anda.

Selain itu, minum kopi hitam tepat setelah kita bangun dengan perut kosong akan membantu menyiram limbah dan menghindari sembelit.


Zat antioksidan
Selain kemampuan melindungi tubuh kita dari radikal bebas itulah faktor utama penuaan dan banyak penyakit berbahaya, antioksidan juga bisa membantu Anda sukses menurunkan berat badan Anda. Antioksidan yang terkandung dalam kopi sama seperti antioksidan yang terkandung dalam sayuran dan buah yang mampu membantu metabolisme dan pembakaran kalori.

Rendah kalori
Menurut Departemen Pertanian Amerika Serikat, secangkir kopi belakang biasa hanya mengandung 2 kalori. Satu tembakan espresso pun hanya mengandung 1 kalori. Kopi dikenal sebagai minuman berkalori rendah yang bagus untuk menurunkan berat badan. Minum kopi hitam ke perut kosong bisa menurunkan berat badan yang mensimulasikan metabolisme. Hal ini juga didukung oleh kafein dan antioksidan yang terkandung dalam kopi hitam yang berperan dalam mengurangi penyerapan lemak.


Mengaktifkan sistem saraf
Tidakkah Anda tahu bahwa minum kopi hitam sangat ampuh untuk kinerja sistem saraf Anda? Hal ini mampu merangsang sistem saraf yang memberi perintah untuk memecah lemak selama proses metabolisme dan mengubahnya menjadi energi. Inilah alasan mengapa kopi hitam bisa meningkatkan performa latihan kita yang bagus untuk usaha menurunkan berat badan. Selain itu, kopi hitam juga akan mengaktifkan sistem saraf untuk melepaskan dopamin dan serotonin, hormon yang membantu Anda merasa bahagia dan berkelahi melawan depresi.

Membantu Anda rileks
Aroma kopi hitam yang Anda hirup di pagi hari mungkin bermanfaat untuk membantu Anda rileks dan menghidupkan kembali stres. Aroma kopi yang sampai ke otak iklan hidung Anda akan mengaktifkan gelombang alfa di otak Anda. Gelombang alfa bertindak untuk mengurangi tingkat stres.

Selain itu, saat kita merasa stres, terkadang kita mendambakan lebih banyak makanan dan gula yang tentu saja akan meningkatkan berat badan kita. Karena itu, bila Anda merencanakan diet penurunan berat badan, pastikan untuk menjauh dari stres.


Mengurangi nafsu makan
Minum kopi hitam dalam perut kosong akan memberi rasa kenyang. Makanya kita bisa mengonsumsi kopi untuk secara singkat mengurangi rasa lapar dan keinginan untuk makan. Namun, mengonsumsi kopi tanpa makanan sama sekali sangat dilarang, karena akan menambah keinginan untuk bahkan lebih tinggi lagi. Mengkonsumsi terlalu banyak kopi dalam perut kosong akan menjadi penyebab tukak lambung.


Pengganti makanan penutup
Mengkonsumsi kopi hitam tepat setelah makan akan memberi manfaat bagi penurunan berat badan. Hal ini dimungkinkan karena minum kopi setelah makan akan memberi rasa kenyang, perasaan yang sama saat kita makan makanan penutup untuk makan malam. Namun, makanan penutup ini biasa dibuat dari sesuatu yang manis dan berlemak seperti kue keju dan brownies. Karena itu, mengganti gurun dengan kopi hitam adalah solusi lezat untuk diet penurunan berat badan Anda.


Manfaat Kopi Hitam Tanpa Gula untuk Diet



Manfaat kopi hitam untuk kesehatan secara keseluruhan


Selain manfaat kopi hitam untuk menurunkan berat badan, kopi hitam juga bermanfaat bagi kesehatan secara keseluruhan. Ada beberapa penyakit yang bisa dicegah dan bahkan disembuhkan dengan kopi hitam, seperti:

Hati
Kopi hitam sangat bermanfaat bagi hati, karena kopi mampu menurunkan enzim yang meningkatkan risiko penyakit hati. Karena itu, minum kopi hitam secara teratur dapat mencegah liver untuk beberapa penyakit seperti kanker, hepatitis, dan hati berlemak.

Asam urat
Penelitian membuktikan bahwa orang yang minum kopi secara teratur memiliki risiko 57% lebih rendah terkena asam urat atau artritis pada sendi kaki yang besar. Antioksidan yang terkandung dalam kopi hitam diketahui bisa mengurangi insulin dan asam urat dalam tubuh. Bagi mereka yang sudah minum, minum kopi hitam bisa meredakan gejala seperti persendian yang menyakitkan dan bengkak.

Masalah kardiovaskular
Meski kopi hitam diketahui bisa menaikkan tekanan darah, hal itu juga bisa menurunkan risiko serangan jantung dan stroke jika diminum secukupnya.


Diabetes
Risiko diabetes bisa dikurangi dengan minum kopi setiap hari, karena kopi mampu mengendalikan diabetes dengan memproduksi lebih banyak insulin.


Kanker
Kanker diketahui menjadi penyakit pembunuh kedua di dunia setelah penyakit jantung. Menurut penelitian, kopi diketahui bisa mengurangi peradangan yang mendukung terbentuknya sel kanker di dalam tubuh.

Selain manfaat kopi hitam di atas, kopi hitam juga dikenal bisa menghilangkan rasa sakit, anti penuaan, dan meningkatkan konsentrasi. Manfaatnya akan didapat melalui asupan kopi hitam yang disarankan.


Cara menggunakan kopi hitam untuk menurunkan berat badan


Meski kopi hitam membantu Anda membakar lemak secara efektif, jangan berencana untuk tetap diam dan minum kopi hitam sebanyak yang Anda bisa. Tanpa olahraga, Anda hanya akan merusak program diet Anda. Karena itu, dianjurkan untuk minum kopi hitam sebelum berolahraga. Manfaat Kesehatan Minum Kopi Hitam sebelum berolahraga akan meningkatkan performa Anda selama sesi latihan Anda. Selain itu, untuk mendapatkan manfaat kopi hitam, Anda juga bisa meminum kopi hitam sehabis makan, karena akan membakar lemak lebih cepat lagi, dan mengoptimalkan metabolisme.

Selain itu, manfaat minum kopi hitam tepat setelah Anda bangun di pagi hari adalah waktu yang tepat untuk menurunkan berat badan Anda. Seperti yang disebutkan sebelumnya, minum kopi sampai perut kosong akan mempermudah pencernaan organ tubuh untuk membersihkan sampah yang menjadi tuhan bagi program penurunan berat badan.

Karena itu, kopi jenis apa yang terbaik untuk menurunkan berat badan? Meskipun kopi instan instan bisa memberi Anda zat yang dibutuhkan untuk menurunkan berat badan, jauh lebih baik jika Anda memilih kopi tetes yang diseduh untuk makanan Anda. Yang terpenting adalah menjaga kopi rendah gula dan rendah lemak. Refined sugar dan milk or creamer tidak dianjurkan untuk ditambahkan ke dalam kopi Anda, jika Anda minum kopi untuk menurunkan berat badan.

Lantas, bagaimana jika Anda merasa bosan dengan kopi hitam asli? Jika Anda benar-benar ingin menambahkan sesuatu ke kopi Anda, Anda bisa menambahkan pemanis rendah kalori dan susu rendah lemak. Anda juga bisa menambahkan susu kedelai dan bukan susu olahan lemak. Selain itu, sebaiknya Anda memilih biji kopi ringan atau sedang dipanggang, karena biji kopi panggang yang sudah gelap mungkin tidak memberi cukup zat yang dibutuhkan untuk membakar lemak. Asam klorogenat dapat merusak selama proses pemanasan biji panggang gelap.

Mana yang lebih baik antara kopi es dan kopi panas? Jawabannya pasti kopi hitam panas. Meski nampaknya sulit menyangkal kopi es, kopi hitam panas adalah pilihan terbaik untuk menurunkan berat badan Anda. Kopi hitam yang panas akan mengantarkan kebutuhan zat untuk program diet lebih cepat dari pada kopi es.

Selain itu, manfaat kopi hitam untuk menurunkan berat badan akan efektif jika Anda minum tidak lebih dari 4 cangkir kopi setiap hari. Karena efek minum kopi akan bereaksi setelah 3 atau 4 jam, lebih baik minum kopi hitam Anda dalam interval 3 - 4 jam.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Takaran Membuat Kopi Susu - Tentang Kopi

Efek Samping Minum Kopi Hitam

Cara Meracik Kopi yang Benar