Khasiat Kopi Hitam untuk Diet


Anda pecinta kopi ? Saya juga salah seorang penikmat kopi, namun Saya menikmati kopi hanya untuk menikmati saja tidak punya tujuan atau maksud tertentu seperti Anda yang sedang membaca artikel ini, karena Saya yakin Anda punya tujuan ingin menurunkan berat badan dengan kopi, denger dari orang lain, makanya ingin membuktikan kebenaran  informasi tentang khasiat kopi hitam untuk diet, apakah memang betul atau tidak. Iya kan ?

Menggunakan kopi hitam untuk diet, sudah lama memang ngetrendnya, cuman mungkin ada juga sebagian dari Anda yang baru mendengarnya atau karena tidak sadar kalau memang kopi hitam bisa dijadikan media untuk diet. Maklum, Anda hanya penikmat saja karena hobby, tidak punya tujuan apa pun kecuali merasakan nikmanya seruput kopi melewati tenggorokan atau hanya sekedar mengambil khasiatnya sebagai penangkal ngantuk saja.

Mengapa orang memilih kopi sebagai media diet ? Mungkin karena kopi lebih alami daripada harus membeli suplemen atau cream pembakar lemak yang belum tentu komposisinya terbuat dari bahan alami atau kimiawi. Menggunakan bahan alami jelas lebih aman daripada bahan yang tidak jelas juntrungnya, apalagi ini mau dikonsumsi.

Selain lebih mudah, pemakaian kopi hitam sebagai diet dinilai lebih praktis, karena Anda tidak harus lagi melakukan program diet yang cukup menantang dan keras seperti harus berolahraga keras dan diet yang ekstrim. Anda cukup minum kopi hitam rutin tiap hari, itu saja.

Namun tentu saja agar khasiat kopi hitam bisa kita dapat khususnya dalam menurunkan berat badan, maka Anda harus tahu aturan mainnya, tidak asal minum dan tidak mau pakai takaran yang benar. Ini salah, buka ramping yang didapat, tapi mungkin malah pusing 70 keliling.

Lalu bagaimana hubungannya kopi bisa berkhasiat untuk diet atau menurunkan berat badan ? Saya yakin Anda sudah tahu kalau kopi itu mengandung kafein, sama halnya dengan teh. Lalu mengapa dietnya pakai kopi hitam ? Sebab kandungan kafein dalam kopi lebih banyak dan lebih pas dipakai untuk diet daripada kandungan kafein di dalam teh.

Lalu apa hubungannya kefein dengan berat badan ? Kafein yang terdapat dalam kopi tersebut ternyata akan membantu mempercepat atau meningkatkan proses metabolisme dalam tubuh. Semakin tinggi tingkat metabolisme tubuh, makin mudah bagi Anda untuk dapat membakar lemak dan menurunkan berat badan. Sejumlah studi menunjukkan bahwa kafein dapat menaikkan laju metabolisme antara 3-11%. Semakin tinggi dosisnya, makin besar pula efeknya.

Proses metabolisme itu sendiri akan membuat jumlah kalori yang terbakar dalam tubuh semakin banyak. Kalori dalam bentuk lemak akan meluruh dan otomatis bagian badan yang ada timbunan lemaknya akan segera rata karena lemak-lemaknya pada hancur.

Agar lemak yang sudah meluruh tersebut bisa segera keluar dari tubuh Anda, maka sebaiknya imbangi proses peluruhan tersebut dengan banyak meminum air putih. Ibarat ada kotoran yang menempel di pakaian, maka deterjen ibarat kopinya yang meluruhkan kotoran dan air bilasan terakhir buat mencuci ibarat air putihnya yang harus Anda minum. Selain itu, kopi itu sifatnya diuretik artinya sering membuat Anda ingin buang air kecil. Oleh karena itu agar tidak terhidrasi, maka minumlah 1 atau 2 gelas air putih setelah minum kopi hitam,.

Khasiat kopi hitam bisa didapat jika dan hanya jika Anda meminum kopi hitam dengan takaran yang pas dan cara yang benar. Jika Anda punya tujuan minum kopi hitam untuk diet, maka Anda tidak boleh menggunakan gula sama sekali. Kan namanya juga kopi hitam dan kopi hitam itu identik dengan kopi pahit alias tanpa gula.

Mengapa nggak boleh pakai gula ? Karena sifat gula adalah menambah kalori dan jika kalori dalam tubuh malah bertambah maka program diet Anda milik pa gatot alias gagal total. Kalau pakai cream bagaimana Pak ? Tentunya apalagi.

Maksudnya, pakai gula saja sudah nggak boleh, apalagi kalau pakai cream susu, lebih nggak boleh lagi. Tapi kan rasanya pahit bagn. Ya sudah kalau maksa tambahin aja, cuman harus diimbangi dengan kegiatan fisik agar si kalorinya terbakar. Ah males kalau harus olahraga mah. Ya sudah mendingan pahit di mulut saja kalau olahraga nggak mau mah.

Apakah diet kopi hitam ini boleh dipakai oleh semua orang. Tentu saja boleh, termasuk bagi mereka yang punya gangguan pencernaan seperti maag. Silahkan Anda minum kopi hitam sebanyak-banyaknya agar tubuh melorot namun sayang perut sakit. Intinya, Saya tidak menganjurkan buat Anda yang punya gangguan pencernaan untuk memilih diet yang satu ini. Sebaiknya Anda berkonsultasi dulu dengan dokter Anda, apakah boleh atau tidak menjalani diet seperti ini sementara Anda punya gangguan cerna.

Kita tahu bahwa tujuan diet dengan kopi hitam itu adalah menahan nafsu makan. Sementara bagi mereka yang punya gangguan pencernaan, justru dianjurkan untuk banyak ngemil karena permintaan lambung. Ini kan kontradiktif. Maka oleh sebab itulah Anda harus berkonsultasi dulu dengan dokter Anda. Saya tidak bertanggung jawab kalau Anda penderita gangguan pencernaan, maksa ingin melakukan diet kopi hitam.


Sebagai tips dan juga kesimpulan terakhir dari pembicaraan ini agar khasiat kopi hitam buat diet bisa maksimal adalah sebagai berikut :

Tidak berlebihan minum kopi hitam
Batasi diri Anda dalam meminum kopi hitam. Sefanatik apapun Anda dalam minum kopi, cukuplah Anda meminum kopi hanya 2 cangkir sehari. Mengapa ? Karena jika berlebihan justru akan memberikan dampak yang kurang baik bagi Anda. Bisa-bisa Anda malah susah tidur dan akhirnya stress. Memang bisa saja Anda kurus, namun kurusnya tidak sehat gara-gara kurang tidur. Jadi, batasi jangan berlebihan, segala yang berlebihan akibatnya bisa fatal.

Jangan pakai gula dan cream
Jadi murni Anda minum kopi pahit. Mengapa ? Seperti yang telah dijelaskan di atas, gula malah akan menambah kalori. Kalau Anda maksa pingin ada manis-manisnya atau gurih-gurihnya? Ya sudahlah Anda tinggal memberikan pemanis non kalori atau susu skim yang banyak dijual di mini market atau di toko online.

Hanya untuk jangka pendek
Dalam sebuah studi diungkapkan bahwa kenaikan laju metabolisme akibat fungsi kafein dipengaruhi oleh berat badan dan usia. Mereka yang bertubuh lebih ramping bisa menikmati efek pembakaran lemak sampai 29%, sedangkan bagi mereka yang mengalami kelebihan berat badan hanya mendapatkan efek ini 10% saja. Pengaruhnya juga menurun seiring usia dan lebih terlihat pada orang yang berusia muda.

Efek kenaikan laju metabolisme dan pembakaran lemak ini hanya berlangsung pada jangka pendek. Setelah Anda mengkonsumsi kafein dalam jangka waktu tertentu, maka tubuh Anda akan mampu mentoleransi zat kafein ini sehingga tidak berpengaruh sama sekali.

Solusinya bagi Anda yang mau diet kopi hitam, harus menghentikan penggunaannya secara berkala. Sebagai contoh, gunakan siklus satu mingguan, misalnya satu minggu meminum kopi hitam dan satu minggu selanjutnya tidak minum kopi hitam tapi gantikan dengan olahraga.

Itulah sedikit informasi tentang manfaat kopi hitam pahit yang bisa bikin kurus dan membakar lemak serta merupakan salah satu jenis kopi untuk diet selain kopi diet green coffee.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Takaran Membuat Kopi Susu - Tentang Kopi

Efek Samping Minum Kopi Hitam

Manfaat Kopi Hitam Untuk Kulit