Kandungan Kopi Hitam - Tentang Kopi


Artikel ini memberikan informasi tentang profil nutrisi dari secangkir kopi hitam atau kandungan kopi hitam. Untuk topik ini, profil kandungan yang terdiri dari 100% kopi akan berkekuatan sedang dalam hal kepekatan dan kandungan kafein. Namun, penambahan susu, krim, gula atau pemanis secukupnya, akan mempengaruhi profil nutrisi akhir dalam secangkir kopi.

Kopi hitam mengandung makronutrien, lemak, karbohidrat, dan protein dalam jumlah yang signifikan dan karenanya hanya mengandung 1-2 kkal per 100ml. Namun, profil nutrisi akhir dari secangkir kopi, akan dipengaruhi oleh beberapa faktor yakni :

  • Penambahan susu, krim, gula, atau pemanis lain secukupnya akan mempengaruhi nilai gizi akhir dan dapat meningkatkan kandungan kalori.

  • Variasi ukuran yang digunakan dapat mengubah nilai gizi.


Kopi hitam mengandung sejumlah mikronutrien, terutama kalium, magnesium, dan niasin. Tingkat natrium sangat rendah. Data di bawah ini memberikan profil gizi mikronutrien 100 ml kopi hitam kekuatan sedang.


Jenis air yang digunakan dalam preparasi (yaitu air keras atau lunak) dapat memengaruhi kandungan mikronutrien dari secangkir kopi hitam, khususnya yang terkait dengan kadar kalsium dan magnesium. Variasi sedikit dapat terjadi karena asal, kondisi pertumbuhan, campuran komposisi dan pemrosesan kopi.

Kopi hitam mengandung 95% air dan menurut penelitian, ketika dikonsumsi dalam jumlah sedang, tidak menyebabkan dehidrasi. Oleh karena itu, secangkir kopi dapat membantu berkontribusi pada keseimbangan cairan harian.

Penelitian telah menunjukkan bahwa konsumsi kafein, hingga 5 cangkir kopi berkafein, tidak menyebabkan dehidrasi. Hanya saja ada efek diuretik jangka pendek yang ringan dari Kafein tetapi ini tidak cukup untuk melebihi manfaat asupan cairan dari konsumsi kopi.

Penelitian menunjukkan bahwa kafein moderat tidak mempengaruhi total air tubuh dan distribusi cairan, seperti kopi, dapat berkontribusi untuk memenuhi kebutuhan tubuh akan cairan. Tubuh bukti yang tersedia menunjukkan bahwa saran untuk tidak minum kopi adalah untuk menjaga keseimbangan cairan tidak berdasar.


Kandungan Kopi Hitam

Sementara itu, ada 10 zat kandungan kopi hitam yaitu :

Kafein
Kafein ditemukan dalam beberapa biji daun dan buah dari beberapa tanaman, kopi adalah salah satu tanaman yang memiliki kandungan kafein paling banyak dinikmati manusia, kafein dapat menyebabkan gangguan tidur.

Air
Air atau H2O adalah bagian yang tidak dapat dipisahkan dari kopi, kandungan kimiawi dari kopi ini adalah bagian penting dari tubuh, karena 70% dari tubuh adalah air dan meskipun kadar air dalam kopi kadang-kadang tidak digunakan tetapi kadar air dalam kopi adalah bagian dari senyawa kimia kopi.


Etifenol
Zat yang satu ini mungkin asing bagi kita, tetapi zat ini seperti aroma khusus dalam kopi, zat ini mirip dengan tar dan mengandung feromon.


Asam Quinic
Rasa asam dalam kopi ditentukan oleh jumlah zat yang satu ini, jumlah asam quinic dalam kopi kadang-kadang berbeda jumlahnya, zat ini digunakan dalam pengobatan sebagai bahan dalam pembuatan obat flu.

Asam Dicaffeoylquinic
Zat ini adalah salah satu antioksidan yang bisa menangkal radikal bebas. Meskipun kadar antioksidan dalam biji kopi tidak sebanyak tanaman obat lain, kopi adalah salah satu pemasok antioksidan yang paling banyak dikonsumsi di dunia.

Dimethyl Disulfide
Dalam biji kopi yang masih hijau atau belum dikeringkan dan dipanggang, kandungan senyawa ini meliputi banyak senyawa, zat inilah yang membuat kotoran manusia berbau, mirip dengan senyawa belerang.

Acetylmethylcarbinol
Zat ini adalah zat yang membuat kopi terasa gurih di lidah, zat ini banyak ditemukan dalam mentega.

Putresin
Zat yang diproduksi oleh bakteri E. coli adalah bakteri yang membuat benda membusuk, zat ini merupakan hasil pembusukan dari bakteri tersebut.

Trigonelline
Zat ini adalah zat yang bisa melindungi gigi, meski terkadang peminum kopi agak gigi hitam, tetapi zat ini yang membuat peminum gigi tidak mudah bolong.

Niasin
Zat yang satu ini merupakan senyawa yang tidak baik untuk tubuh, karena senyawa ini dapat menyerap vitamin dalam tubuh, sedangkan vitamin dibutuhkan oleh tubuh untuk proses yang ada di dalam tubuh, oleh karena itu minum kopi hanya disarankan paling banyak 2- 3 kali sehari.

Demikianlah sedikit gambaran tentang kandungan kopi hitam termasuk kandungan kalorinya. Mengenai manfaat serta bahaya kopi hitam manis dan asli bagi pria dan wanita serta aturan minum kopi pahit, akan Saya tulis di waktu mendatang. Semoga bermanfaat.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Efek Samping Minum Kopi Hitam

Kandungan Kafein dalam Kopi - Tentang Kopi

Cara Meracik Kopi yang Benar