Kandungan Kafein dalam Kopi - Tentang Kopi


Kandungan kafein dalam kopi merupakan paling banyak. Anda bisa mendapatkan sekitar 95 mg kafein dari secangkir kopi biasa. Namun, jumlah ini bervariasi tergantung jenis minuman kopi yang berbeda, dan jumlahnya dapat berkisar dari hampir nol hingga lebih dari 500 mg.

Artikel ini akan menjelaskan secara terperinci berapa kandungan kafein dari berbagai jenis dan merek kopi yang sudah terkenal.

Apa saja faktor-faktor yang mempengaruhi banyaknya kandungan kafein? Kandungan kafein kopi tergantung pada banyak faktor, seperti:

  • Jenis biji kopi: Ada banyak varietas biji kopi yang tersedia, yang secara alami mungkin mengandung jumlah kafein yang berbeda.

  • Cara memanggang: Pemanggangan yang lebih ringan memiliki lebih banyak kafein daripada yang dipanggang lebih lama, meskipun yang lebih lama memiliki rasa yang lebih dalam.

  • Jenis kopi: Kandungan kafein dapat bervariasi secara signifikan antara kopi yang diseduh biasa, espresso, kopi instan, dan kopi tanpa kafein.

  • Ukuran penyajian: "Satu cangkir kopi" dapat berkisar antara 30-700 ml (1–24 ons), sangat memengaruhi kadar kafein keseluruhan.



Berapa Banyak Kandungan Kafein dalam Secangkir Kopi?


Penentu utama kandungan kafein adalah jenis kopi yang Anda minum.

Kopi seduh
Pembuatan kopi dengan cara disedu adalah cara paling umum untuk membuat kopi. Kopi seduh dibuat dengan cara menuangkan air panas atau mendidih di atas biji kopi bubuk, yang biasanya dilewatkan melalui filter. Satu cangkir kopi diseduh (8 ons) mengandung sekitar 70-140 mg kafein, atau rata-rata sekitar 95 mg.

Espreso
Espresso dibuat dengan memaksa sedikit air panas atau uap, melewati biji kopi yang ditumbuk halus. Meskipun espresso memiliki lebih banyak kafein per volume daripada kopi biasa, biasanya espresso mengandung lebih sedikit per porsinya, karena porsi espresso cenderung sedikit.

Satu porsi espresso umumnya terdiri dari 30-50 ml (1–1,75 oz), dan mengandung sekitar 63 mg kafein. Oleh karena itu, porsi ganda espresso akan mengandung kira-kira 125 mg kafein.

Minuman Berbasis Espresso
Banyak minuman kopi populer dibuat dari kopi espresso yang dicampur dengan berbagai jenis bahan dan sejumlah susu, termasuk lattes, cappuccino, macchiatos dan Americanos.

Karena susu tidak mengandung kafein tambahan, minuman ini mengandung jumlah kafein yang sama dengan espresso langsung. Satu porsi  mengandung rata-rata sekitar 63 mg kafein, dan porsi ganda mengandung sekitar 125 mg.

Kopi instan
Kopi instan dibuat dari kopi yang telah diseduh yang telah dikeringkan atau disemprot kering. Biasanya dalam bentuk potongan besar, kering, yang bisa larut dalam air. Untuk menyiapkan kopi instan, cukup campurkan satu atau dua sendok teh kopi kering dengan air panas.

Tidak perlu menyeduh apapun. Kopi instan biasanya mengandung lebih sedikit kafein daripada kopi biasa, dengan satu cangkir mengandung sekitar 30-90 mg. Jangan disamakan kopi instan disini dengan kopi sachetan yang ada di warung Bi Yayah ya.

Kopi tanpa kafein
Meskipun namanya mungkin menipu, kopi tanpa kafein tidak sepenuhnya bebas kafein. Kopi ini mungkin mengandung sejumlah kafein, mulai dari 0–7 mg per cangkir, dengan cangkir rata-rata mengandung 3 mg.

Namun, beberapa varietas mungkin mengandung kafein dalam jumlah lebih tinggi, tergantung pada jenis kopi, metode de-kafein dan ukuran cangkir.


Kandungan Kafein dalam Kopi




Apakah Kopi Merek Komersial Lebih Berkafein?



Beberapa merek kopi komersial mengandung lebih banyak kafein daripada kopi biasa yang diseduh sendiri. Kedai kopi juga terkenal karena ukuran cangkirnya yang besar, yang dapat berkisar hingga 700 ml (24 ons). Jumlah kopi dalam cangkir tersebut setara dengan sekitar 3–5 cangkir kopi berukuran biasa.




Starbucks



Starbucks mungkin adalah kedai kopi paling terkenal di dunia. Kedai kopi ini juga menawarkan beberapa kopi paling berkafein yang tersedia. Kandungan kafein dari kopi yang diseduh di Starbucks adalah sebagai berikut :



- Short (8 ons): 180 mg



- Tall (12 ons): 260 mg



- Grande (16 ons): 330 mg



- Venti (20 ons): 415 mg




Satu gelas espresso di Starbucks mengandung 75 mg kafein. Akibatnya, semua minuman kecil berbasis espresso juga mengandung 75 mg kafein. Ini termasuk lattes, cappuccino, macchiatos dan Americanos.




Ukuran yang lebih besar, yang dibuat dengan porsi ganda, atau bahkan tiga kali tembakan espresso (16 ons), juga mengandung 150 atau 225 mg kafein. Adapun kopi tanpa kafein dari Starbucks mengandung 15-30 mg kafein, tergantung pada ukuran cangkir.




McDonald



McDonald menjual kopi di seluruh dunia, seringkali dengan merek McCafe mereka. Namun, meskipun merupakan salah satu toko cepat saji terbesar yang menjual kopi, mereka tidak menstandardisasi atau menghitung jumlah kafein dalam kopi mereka.




Sebagai perkiraan, kandungan kafein dari kopi yang diseduh sekitar :



- Kecil (12 ons): 109 mg



- Sedang (16 ons): 145 mg



- Besar (21-24 oz): 180 mg



Espresso mereka mengandung 71 mg per porsi, dan kopi tanpa kafein mengandung 8-14 mg, tergantung pada ukuran cangkirnya.




Dunkin Donuts



Dunkin Donuts kedai kopi dan donat yang sangat populer di seluruh dunia. Kandungan kafein dari kopi yang diseduh adalah sebagai berikut :



- Kecil (10 ons): 215 mg



- Sedang (16 ons): 302 mg



- Besar (20 ons): 431 mg



- Ekstra besar (24 ons): 517 mg



Minuman espresso tunggal mereka mengandung 75 mg kafein, yang juga merupakan jumlah yang dapat Anda harapkan dari minuman berbasis espresso mereka.




Kopi tanpa kafein dari Dunkin Donuts juga mengandung sedikit kafein. Menurut satu sumber, satu cangkir kecil (10 ons) mengandung 53 mg kafein, dan satu cangkir besar (24 ons) mengandung 128 mg. 





Apakah kafein itu sesuatu yang mesti dikhawatirkan? Kopi kaya akan antioksidan, dan banyak penelitian menunjukkan bahwa kopi itu baik untuk kesehatan Anda. Namun, terlalu banyak kafein dikaitkan dengan efek samping seperti kecemasan, gangguan tidur, jantung berdebar dan gelisah.


Mengkonsumsi kafein 400-600 mg / hari  umumnya tidak berhubungan dengan efek samping pada kebanyakan orang. Ini berarti sekitar 6 mg / kg dari berat badan, atau 4-6 cangkir kopi rata-rata per hari.


Sebagian orang sangat sensitif terhadap jumlah itu sementara yang lain tidak terpengaruh. Hal ini sebagian besar disebabkan oleh perbedaan genetik. Anda hanya perlu bereksperimen dan melihat jumlah yang paling sesuai untuk Anda.


Demikianlah informasi seputar kadar atau kandungan kafein pada berbagai jenis minuman kopi, baik kopi yang bisa dibuat sendiri atau yang banyak tersedia di kedai kopi favorit Anda.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Efek Samping Minum Kopi Hitam

Cara Meracik Kopi yang Benar